Tuesday, February 9, 2016

Pengertian Factory Reset - Apa Itu Factory Reset?

Factory Reset

Factory Reset adalah suatu cara untuk mengembalikan software handphone / tablet Android ke kondisi seperti baru keluar dari pabrik. Factory reset pada umumnya dapat menyelesaikan hampir semua masalah yang disebabkan oleh kerusakan software. Sebagai catatan, proses factory reset akan menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal telepon / tablet Android.


Recovery mode Android pada dasarnya adalah suatu menu Android yang berguna untuk recovery atau memperbaiki kerusakan software Android. Pada beberapa tipe handphone, upgrade software dapat juga dilakukan langsung melalui recovery mode. Tidak semua tablet / handphone Android memiliki recovery mode, namun pada beberapa tipe Android, hal ini dapat diatasi dengan menginstall recovery mode buatan pihak ketiga, misalnya ClockwordMod recovery atau xRecovery.

Pada umumnya Factory Reset dapat dilakukan melalui menu Settings (pengaturan) > Privacy (privasi) > Factory data reset (reset data pabrik). Namun bila kondisi handphonenya tidak mau start atau tidak mau masuk ke menu, maka untuk melakukan factory reset, harus melalui recovery mode.

Recovery mode akan sangat berguna bila anda mengalami hal-hal sebagai berikut :


1. Bila handphone Android tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
2. Bila handphone Android dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
3. Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.

Nah, itulah yang dapat saya share tentang Pengertian Factory Reset - Apa Itu Factory Reset? dan Semoga Bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment